Facebook Luncurkan Mata Uang Digital Bernama Libra

Publish : 2019-06-19
Dilihat oleh : 28 org


Facebook-Luncurkan-Mata-Uang-Digital-Bernama-Libra

Facebook baru saja meluncurkan mata uang digital yang bernama Libra. Para pengguna Facebook di seluruh dunia nantinya bisa menggunakan Libra untuk bertransaksi.

Dilansir The Guardian, mata uang digital milik Facebook tersebut akan menggunakan sistem perbankan dunia.

Facebook mengklaim bahwa Libra dapat membantu mereka yang tidak memiliki akses ke sistem perbankan tradisional, terutama bagi mereka yang tinggal di negara berkembang.

Dengan sekitar 2,4 miliar pengguna Facebook di dunia, dikatakan Libra dapat mengganggu sistem finansial dunia.

Libra bahkan disebut dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi Facebook. Selain akan tersedia aplikasi khusus untuk Libra, nantinya pengguna juga dapat bertransaksi semudah berkirim pesan via WhatsApp dan Facebook Messenger.

Teknologi tersebut kabarnya akan tersedia pada tahun 2020. Para pengguna di seluruh dunia nantinya tidak perlu pusing-pusing mengkonversi mata uang satu ke yang lainnya.

Libra akan mulai diperjual-belikan mulai tahun depan dan para pengguna dapat menyimpan Libra di dompet digital bernama Calibra.

Meski dibuat oleh Facebook, Libra akan dikelola oleh perusahaan yang dinamai Libra Association. Menurut BBC, Libra Association sendiri terdiri dari sekumpulan perusahaan finansial, organisasi nirlaba, dan perusahaan dagang.

Beberapa perusahaan yang sudah bergabung dengan Libra Association antara lain Mastercard, Paypal, eBay, Coinbase. Uber dan Lyft juga dikabarkan tertarik untuk terlibat dalam proyek Libra.

Libra Association juga diklaim akan bersifat independent, tidak tergantung pada pemerintah, dan bebas dari campur tangan Facebook sendiri meskipun dibuat oleh Facebook.



Powered by Jasper Roberts - Blog