Pertama Kali Di Dunia, Black Hole Terekam Dengan Jelas Dengan Teori Relativitas Einstein

Publish : 2019-04-11
Dilihat oleh : 27 org


Pertama-Kali-Di-Dunia-Black-Hole-Terekam-Dengan-Jelas-Dengan-Teori-Relativitas-Einstein

Pertama Kali Di Dunia, Black Hole Terekam Dengan Jelas Dengan Teori Relativitas Einstein - Para ilmuan yang telah melakukan penelitian mengenai black hole akhirnya berhasil merekam dengan jelas bentuk black hole. Blackhole merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur dari black hole.

Selama ini orang orang penasaran dengan penampakan dari blackhole. Sejak Rabu, (10/4/2019), ilmuan peneliti black hole mencatat sejarah baru. Mereka mendapatkan potret black hole yang terekam jelas.

Dilansir dari abc.net.au, black hole ditemukan di pusat M87 yakni dekat galaksi Bima Sakti. Gambar black hole tersebut akhirnya didapat setelah peneliti melakukan penelitian selama 7 tahun.

“Ini merupakan prestasi ilmiah yang luar biasa yang dicapai oleh tim terdiri lebih dari 200 peneliti.” Kata Dr Sheperd Doeleman dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian. Black hole ini berjarak 55 juta tahun cahaya dari bumi.

Dilansir dari twitter ilmuan, Dr Katherine J Mack @Astrokatie, berat black hole ini 6,5 miliar kali lebih berat dari matahari. Yang paling mengejutkan lagi penemuan black hole ini sesuai dengan prediksi teori relativitas yang dicetuskan oleh Einstein.

Teori relativitas umum Einstein ini meramalkan keberadaan black hole serta memetakan beberapa benda semacam itu akan membelokan jalinan ruang waktu dan jalur cahaya. Gambar black hole yang ditemukan merupakan lubang hitam yang dikelilingi cincin cerah.

Sementara itu, astrofisikawan dari University of Queensland Profesor Tamara Davis membenarkan bahwa penampakan tersebut sesuai dengan prediksi Einstein. Para peneliti mengamati black hole dengan Event Horizon Telescope (EHT). Peneliti telah mengarahkan EHT ke M87 sejak April 2017. Tidak disangka minggu ini peneliti mendapati penemuan lubang hitam kemerahan yang disebut sebagai penemuan awal black hole.



Powered by Jasper Roberts - Blog