AYO COBA KENDALIKAN MIMPI! "Lucid Dream" Mimpi Dalam Kondisi Sadar Bahwa Sedang Bermimpi

Publish : 2018-01-17
Dilihat oleh : 367 org


AYO-COBA-KENDALIKAN-MIMPI-Lucid-Dream-Mimpi-Dalam-Kondisi-Sadar-Bahwa-Sedang-Bermimpi

Pernakah anda tersadar ketika sedang mimpi, apakah anda bisa mengendalikan mimpi itu sendiri? Itu biasanya di sebut dengan Mimpi Sadar atau LUCID DREAM. Lucid Dream ini merupakan sebuah keadaan dimana seseorang itu menyadari bahwa ia sedang bermimpi. Istilah Lucid Dream ini di ciptakan oleh seorang psikiater dan penulis dari Belanda bernama Frederik Willem van Eden. Kesadaran ini berkisar dari kesadaran yang sangat samar bahwa mimpi itu bukanlah kenyataan sampai kesadaran sebagai perluasan kesadaran ketika seseorang tersebut terjaga.

 AYO COBA KENDALIKAN MIMPI!

Walaupun lucid dream telah menjadi perhatian masyarakat umum dalam dekade terakhir, ini bukanlah penemuan modern. Pada abad ke-8, orang Buddha di Tibet dan Bonpo mempraktekkan bentuk Lucid Dream ini dalam Yoga dinamakan Dream Yoga. Tujuannya untuk mempertahankan kesadaran anda pada saat dalam mimpi. Sistem ini kemudian di sebar secara luas sehingga di buat kedalam buku berjudul “Dream Yoga and the Practice of Natural Light.”

Apa yang diimpikan oleh orang yang melakukan lucid dream ini mencerminkan kecenderungan pribadi dan tingkat keterampilan yang didapatkan melalui pengalaman dan latihan. Walaupun pemimpi Lucid Dream ini mempengaruhi struktur, karakter, jalan cerita mimpi dan lain-lain tentang mimpinya. Ini bukanlah suatu hal yang bisa di anggap sebagai bakat. Karena Lucid Dream sendiri ini dapat membuat pemimpi mendapatkan apa yang iya inginkan dalam mimpinya tersebut.

Sponsored

Seorang yang berpengalaman dalam lucid dream ini akan terus menghadapi tantangan psikologis dan perkembangan dalam mimpinya tersebut. Segala hal yang terjadi maupun itu senang atau sedih, mudah atau sulit, indah ataupun mengerikan semua itu bisa saja terjadi sebanyak yang mereka alami ketika di mimpi biasa. Tapi berbeda dengan orang yang mengalami mimpi biasa, mimpi biasa ini di isidengan berbagai seluk beluk rumit dari pikiran bawah sadar anda. Pada pemimpi Lucid Dream, mereka dapat mengeksplorasi mimpinya secara sadar.

Lucid Dream ini terjadi ketika seseorang yang sedang bermimpi ini kemudian tersadar bahwa ia sedang berada di dalam mimpi. Orang tersebut kemudian di katakan sebagai “Lucid” yang artinya Jernih, dan dapat dimasukkan kedalam kategori kejernihan. Dalam tingkat rendah, pemimpi ini biasanya akan samar-samar menyadari bahwa ia sedang bermimpi, tapi ia tidak dapat berpikir secara rasional bahwa semua hal yang terjadi di dalam mimpi itu adalah tidak nyata dan tidak menimbulkan apapun terhadapnya. Tapi pada tingkat tertinggi, pemimpi ini menyadari sepenuhnya sehingga ia dapat mengkontrol semua tindakannya di dalam mimpi.

Untuk bisa masuk ke dalam Lucid Dream, dapat beberapa metode agar anda dapat bisa memasuki Lucid Dream.

- WAKE INDUCE

1. Teknik MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams)

Teknik ini dilakukan dengan bantuan mimpi yang sudah ada sebelumnya.

Langkah-langkah :

1.  Tidur lah seperti biasa, pasang alaram 3-4 jam kemudian dan bangunlah.

2.  Cobalah untuk mengingat atau anda bisa mencatatnya dalam sebuha buku tentang mimpi apa yang anda alami

3.   Kemudian tidur kembali dan visualisasikan mimpi anda seolah olah anda kembali ke dalam mimpi tersebut untuk melanjutkan mimpi tersebut lagi.

4.   Jika merasa ada pikiran lain muncul ketika mencoba untuk tidur kembali, bayangkanlah mimpi sebelumnya lagi. Tidak perlu khawatir jika itu memakan waktu yang lama, semakin lama semakin bagus, karena semakin besar bayangan tersebut meresap dan akan kemungkinan mendapatkan lucid dream.

2. Teknik WILD ( Wake Induced Lucid Dreams)
Teknik ini dilakukan dengan kesadaran orang masuk ke dalam fase Lucid. Atau bisa jika dikatakan bahwa kita tidak tidur tapi melainkan tetap terjaga dalam fase REM (Rapid Eye Movement) dan sleep paralyze yang akan membawa kita langsung terhubung ke dunia lucid.

Langkah-langkah :

1.   Relaks dan tanamkanlah dalam pikiran mu bahwa anda ingin melakukan lucid dream

2.   Pejamkan mata, dan cobalah untuk menvisualisasi hal yang tidak membutuhkan imajinasi. Tetap usahakan bahwa anda tetap terjaga dan tidak terbawa untuk tidur beneran.

3.   Nikmatilah segala fase yang dirasakan, mau itu dorongan ataupun tarikan, jangan pernah berontak.

4.   Anda akan masuk ke dalam fase Sleep Paralyze. Pada fase ini, di tegaskan untuk jangan memunculkan rasa takut anda disini.Ini adalah fase dimana anda terbangun tapi tidak dapat menggerakan tubuh anda.

5.   Beberapa saat kemudian, anda akan terjatuh ke sebuah lubang dan visualisasi anda akan hitam / blur.

6.   Kemudian cobalah gerakkan tubuh anda, berhasil? Berarti itu anda telah memasukki lucid dream.

Sponsored

 3. Teknik WBTB ( Wake Back To Bed )
Teknik yang hampir persis dengan WILD, cuman WBTB ini mengoptimalkan teknik WILD. Teknik ini harus mengharuskan anda tidur untuk 4 hingga 5 jam dan bangunlah sebentar, minum segelas air putih, kemudian lanjutkan tidur anda dengan teknik WILD.

 4. Teknik FILD ( Finger Induced Lucid Dream )
Teknik yang dilakukan dengan bantuan gerakan jari akan membantu masuk ke fase lucid.

Langkah-langkah :

 1.   Set alarm anda sekitar 2-3 jam setelah tertidur

 2.   Ketika bangun, cobalah relaks dan pejamkan mata anda

 3.   Gerakan jari jemari (jari telunjuk dan tengah) keatas dan ke bawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukanlah secara perlahan, tidak perlu menggunakan energi yang berlebihan.

 4.   Setelah sekitar 20-30 detik, cobalah tutup lubang hidung anda, jika bisa bernafas , berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu kemudian ulangi cara ini dari awal.

 5. Teknik CILD (Chakra Induced Lucid Dream)
Teknik dengan bantuan Third Eye Chakra dimana posisi mata ketiga berada di antara kedua alis.

Langkah-langkah :

 1.   Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan dan kemudian tahan posisi mata anda dan penjamkan.

 2.   Setelah terpejam, afirmasikan bahwa anda sedang melakukan lucid dreaming dan visualisasikan diri anda berada pada fase lucid.

 3.   Jika sekitar 3 menit anda belum tertidur, buka mata dan kembali pada posisi normal dan cobalah kembali tidur.
Note : teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, sehingga jika anda merasa kurang cocok, harap untuk tidak melakukan metode ini.

- DREAM INDUCE

1. Teknik DILD (Dream Induced Lucid Dreams)
Teknik dengan kepekaan diri pada mimpi untuk mencapai fase lucid dreaming. Atau dengan katalain bahwa anda sedang bermimpi tapi anda sadar bahwa anda sedang bermimpi dan dengan keinginan lucid dream, anda dapat masuk dan membentuk dream bending.

Langkah-langkah :

1.   Berpikirlah secara kritis dan logis. Sehingga ketika anda bermimpi dan muncul hal yang tidak rasional, dan anda harus sadar dan berkata “Ini mimpi!” lalu cobalah gerakan tubuh anda

2.   Reality Check. Cobalah untuk membuat tanda seperti coretan di tangan / huruf pada tangan anda. Sehingga anda akan selalu ingat dan tertanam bahwa jika bermimpi tanda ini akan selalu muncul. Itu lah yang akan membuat anda meminimalisir False Awakening.

2. Teknik DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dream)
Teknik dimana untuk mencapai fase lucid dreaming ini menggunakan alarm. Gunanya agar menyadarkan bahwa anda sedang bermimpi.

Langkah-langkah :

 1.   Pasanglah alaram sekitar 3 hingga 4 jam setelah anda tidur. Set juga 1 menit alaram tersebut berbunyi akan mati sendirinya.

 2.   Tidur lah secara normal,kemungkinan pada 3 – 4 jam anda akan berada pada mimpi, ketika alarm bunyi, ini akan membuat anda lebih yakin bahwa sedang mimpi jadi janganlah ragu dan berusaha mengendalikannya

3. Reality Check
Ini adalah aktivitas dimana anda menyadarkan diri bahwa anda sedang bermimpi. Praktiknya ini bisa bermacam-macam. Tapi pada umumnya dengan melihat tubuh kita atau pada jarum jam, lihatlah ada yang janggal atau tidak.

4. All Day Awarness
Teknik dimana yang mengharuskan anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan sekitar anda. Hal ini dilakukan agar membuat otak anda lebih sensitif dalam melakukan pembedaan pada dunia nyata dan mimpi.

 



Powered by Jasper Roberts - Blog